Wanita Berambut Pirang Memiliki IQ Lebih Tinggi

Perempuan berambut pirang memiliki intelligence quotient (IQ) lebih tinggi daripada wanita berwarna rambut lain. Demikian hasil studi terbaru para ilmuwan yang terbit dalam jurnal Economics Bulletin.
Wanita Berambut Pirang Memiliki IQ Lebih Tinggi
Wanita Berambut Pirang Memiliki IQ Lebih Tinggi (foto: tekno.tempo.co) 

Dalam jurnal tersebut, ilmuwan mengungkapkan perempuan berambut pirang ternyata memiliki IQ rata-rata tiga poin lebih tinggi daripada IQ perempuan berambut cokelat, merah, atau hitam. Hasil studi yang dilakukan di Ohio University ini jelas membantah stereotip "pirang bodoh" yang sering diucapkan di Eropa dan Amerika. 

Sebagaimana dilansir dari laman tekno.tempo.co, studi yang dilakukan terhadap 10.878 orang tersebut menemukan wanita berambut pirang memiliki IQ rata-rata 103,2. Sedangkan perempuan berwarna rambut cokelat rata-rata memiliki IQ sebesar 102,7; merah 101,2; dan hitam 100,5.

"Studi ini memberi bukti kuat bahwa tidak boleh ada diskriminasi terhadap orang berambut pirang berdasarkan kecerdasan mereka," kata ilmuwan Jay Zagorsky, anggota peneliti. "Saya tidak berpikir Anda harus mengatakan orang berambut pirang lebih pintar daripada orang lain, tapi Anda pasti bisa mengatakan mereka tidak bodoh."

Selain wanita, penelitian ini dilakukan terhadap kaum pria. Hasilnya, pria dengan rambut pirang memiliki IQ yang kurang-lebih sama dengan pria berwarna rambut lebih gelap.